Rabu, 28 April 2010

A. Pengertian Email
Email berasal dari kata Electronic Mail, dimana email merupakan salah satu cara untuk
mengirimkan pesan dalam format data elektronik dengan menggunakan computer. Untuk
memiliki email kita harus meimiliki alamat email atau yang biasa disebut e-mail address.
Format penulisan alamat email adalah sebagai berikut,
Alamat email bisa diperoleh melalui situs-situs yang saat ini banyak disediakan secara
gratis oleh situs lokal maupun international.
Diantara situs-situs tersebut yahoo merupakan situs yang menyediakan mailbox sampai tak
hingga (unlimited), sehingga berapa pun email yang masuk akan disimpan oleh server
yahoo.
Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh melalui email antara lain sebagai berikut:
a. Murah, karena biaya pengiriman email akan lebih murah disbandingkan dengan
menggunakan pos.
b. Cepat, karena email pengirimannya secara elektronik. Hanya membutuhkan waktu
bebrapa menit atau beberapa detik saja.
c. Tepat, karena dalam hal ini pesan yang dikirim akan langsung sampai tujuan tanpa kita
khawatir apakah penerima data ada di tempat atau tidak. Email tersebut dapat dibaca
sewaktu-waktu
d. Daftar alamat, karena kita bisa membuat daftar suatu alamat, sehingga kita bisa
menuliskan satu pesan untuk dikirimkan ke beberapa alamat sekaligus.
user_name@nama_domain
Keterangan:
1. user_name : merupakan identitas pemilik
email
2. @, dibaca at yang berarti ‘di’
3. nama_domain, merupakan domain dimana
account email tersebut dibuat
Situs local penyedia email gratis:
1. plasa.com
2. kompas.com
Situs internasional penyedia email gratis:
1. yahoo
2. gmail
3. hotmail
4. eudoramail
5. mailcity
Standar Kompetensi (SK) :
Menggunakan Internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar:
Menggunakan email untuk keperluan informasi dan komunikasi
Indikator:
Siswa dapat Menggunakan Email
2. Menu dan ikon pada halaman Email
Beberapa kotak isian pada halaman email setelah kita berhasil login diantaranya adalah:
a. Check mail, merupakan fasilitas untuk mengecek surat-surat yang baru masuk atau membaca
surat-surat yang terdapat dalam inbox.
b. Compose, merupakan fasilitas untuk mengirimkan surat baru.
c. Folders, merupakan fasilitas pengarsipan bagi surat-surat yang teleh dikirim maupun surat-surat
yang telah diterima
d. Inbox, merupakan tempat untuk menyimpan surat seperti yang masuk
e. Draft, tempat menyimpan email yang sudah dibuat tapi tidak jadi dikirim
f. Bulk, fasilitas untuk mnyaring dan menyimpan secara otomatis penerimaan email baru yang
dianggap tidak penting seperti iklan atau promosi-promosi.
g. Trash, merupakan tempat pembuangan sementara bagi email yang sudah dihapus dan tidak
diperlukan lagi
Untuk membuat pesan baru kita dapat memilih menu COMPOSE, lalu akan tampil kotak isian
diantaranya
a. To, diisi alamat email yang akan dituju, apabila kita ingin mengirimkan email lebih dari satu
alamat email cukup tambahkan tanda koma diantara alamat email satu dengan yang lainnya.
b. Cc, singkatan dari Carbon Copy. Untuk menuliskan alamat email lain yang juga akan dikirimi
email yang sama. Alamat email yang terdapat pada kotakisian Cc nantinnya akan ditampilkan
pada email si penerima sehingga si penerima akan mengetahui siapa saja yang teleh
menerima email yang sama.
c. Bcc, singkatan dari Blind Copy Carbon. Sama dengan Cc, tapi alamat email ini tidak akan
ditampilkan pada email si penerima sehingga si penerima tidak mengetahui siapa saja yang
telah menerima email yang sama.
d. Subject, merupakan kotak isian untuk judul dari email yang akan dikirimkan.
3. Pengelolaan E-mail
E-mail perlu dikelola dengan baik agar bisa teratur dan tidak memenuhi kapasitas penyimpanan.
Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengelola e-mail adalah dengan membuat folder khusus dan
memindahkannya ke dalam folder tersebut. Atau bisa juga kita menghapus email yang sudah tidak
terpakai pada inbox ataupun di dalam folders yang telah kita buat.
Selain itu saat ini sudah tersedia fasilitas software email manager yang digunakan untuk
mengelola email. Dengan menggunakan email manager kita bisa dengan mudah dan cepat untuk
mengirim email tersebut. Ketika menuliskan email kita tidak harus online ke internet sehingga bias
menghemat waktu dan biaya. Koneksi ineternet bias dilakukan hanya dibutuhkan pada saat akan
mengirim email yag telah kita buat di software email manager tersebut. Beberapa contoh program
aplikasi email manager anatara lain Microsoft Outlook, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Eudora
dan lain-lain.
Selain mengelola email menggunakan email menager, kita juga perlu memperhatikan beberapa
hal yang perlu diwaspadai ketika menerima email diantaranya adalah:
a. SPAM email, merupaka email yang dikirim oleh orang tak dikenal dengan tujuan tertentu yang
bersifat merugikan. Isi dari email ini biasanya berupa promosi,m penipuan, dan penyebaran virus
dan lain-lain.
b. Adware dan Spyware, merupakan program aplikasi atau bisa juga berupa iklan yang muncul
secara tiba-tiba yang biasanya berupa pop up window
c. Phising, merupakan email spam yang bertujuan untuk memancing pengguna dalam kategori
kasus penipuan.
d. Worm, merupakan program yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan menggunakan
media komputer. Sifat dari program ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer dan
bisa memperlambat kinerja komputer.
Untuk menghindari beberapa hal diatas, maka kita harus berhati-hati ketika diminta untuk menuliskan
alamat email kita pada situs-situs yang tidak penting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar